PROFIL BIROE

Foto saya
Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia
Memiliki attitude negatif akan selalu membuat kita berpikir, "I can't do it" Sedangkan dengan attitude positif cenderung membuat kita berpikir, “I'm sure, I can do it” ...

KOMUNITAS BIROE

TRANSLATE BIROE

English French German Spain

Italian Dutch Russian Brazil

Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

FEEDJIT BIROE

VALUATION BIROE

BUKU TAMU BIROE

Salam kenal, jangan lupa tinggalkan pesan dan kesan ya!

WAKTU BIROE

REPUBLIK BIROE

Indonesian Freebie Web and Graphic Designer Resources

GUIDE BIROE

Bloggers' Rights at EFF

STATISTIK TAYANGAN BIROE

TANAM TERUMBU KARANG CINTA SERIBU IKAN

Banyak cara mengekspresikan hari berkasih sayang atau Valentine Day. Seperti dilakukan unit kerja mahasiswa (UKM) Diving Engginering Institut Teknologi (ITP) Padang dan UKM Diving Proklamator Universitas Bung Hatta (UBH). Mereka bukannya berkasih sayang dengan orang tersayang, tapi malah menanam terumbu karang cinta untuk seribu ikan, di Taman Nirwana Padang, Minggu (12/2). Bagaimana cerita?

Sebenarnya aksi penanaman ini bukanlah kali pertama mereka lakukan, tapi sudah rutin dilaksanakan. Namun, mereka menyebut aksi penanaman di Pantai Taman Nirwana ini terbilang spesial seiring gebyar Valentine Day. ”Di pantai Taman Nirwana sendiri sudah ada sekitar 500 bibit ditanam dan di Pulau Pasumpahan sudah lebih dari 5000-an bibit, dan sekali tiga bulan dilakukan monitoring,” tambah Yuni.

Aksi penanaman karang tersebut menggunanakan metode transplantasi, yakni upaya pencangkokan atau pemotongan karang hidup untuk ditanam di tempat lain atau karangnya telah rusak. Saat ini transplantasi karang juga telah dikembangkan lebih jauh untuk mendukung pemanfaatan yang berkelanjutan.
Bentuk pemanfaatan transplantasi karang atara lain mengembalikan fungsi ekosistem karang yang rusa,k sehingga dapat mendukung ketersediaan jumlah populasi ikan karang di alam. Transplantasi karang juga dirnanfaatkan untuk membuat lokasi penyelaman (dive spot) menjadi lebih indah dan menarik sehingga dapat mendorong kenaikan jumlah wisatawan. Selain itu transplantasi karang juga dirnanfaatkan untuk memperbanyak jumlah indukan dan anakan karang yang laku dipasarkan sehingga dapat mendukung perdagangan karang hias, sesuai peraturan yang berlaku.

Menurutnya lagi  transplantasi dilakukan dengan menempuh beberapa tahap diantaranya persiapan, pelaksanaan dan monitoring kegiatan. Pada tahap persiapan, dilakukan pembuatan substrat transplantasi yang terdiri dari adonan semen, batu dan pasir (cor) yang dicetak pada cetakan yang terbuat dari pipa paralon yang berdiameter 8 dan 5 inci kemudian memberi label (tagging) pada substrat tersebut untuk memudahkan pemantauan.

”Kali ini subtrat, meja dan labelnya sengaja kami beri warna serba ’pink’, karena bulan Februari bagi sebagian muda mudi identik dengan warna pink, dan  aksi tersebut salah satu bagian dari kampanye akan pentingnya terumbu karang bagi kehidupan ikan-ikan di laut,” imbuh Yuni.
 

3 komentar:

Anonim mengatakan...

mantap,,,, lanjutkan....

Putri Bariel - Blue Biroe mengatakan...

terima kasih ... :)

Anonim mengatakan...

wah... keren abiz! saya dari dulu pengen belajar menanam terumbu karang karena banyak sekali terumbunya yg rusak, saya ingin sekali belajar, bila ada kegiatan lagi mohon saya diajak yaa.. terimakasih, email saya wan_gea@hotmail.com

Posting Komentar

INDONESIA TRAVEL FUN BIROE

WELCOME BIROE

Welcome Myspace Comments

FORUM DISKUSI CINTA LAUT

FORUM DISKUSI CINTA LAUT
Forkom Matabuka 2011

LOMBA BLOG - BLOGGER MUDA BIROE

Forkom Matabuka 2010

GEO BIROE

ENTRI POPULER BIROE

FOLLOWERS BIROE

SEA BIROE

Animated Pictures Myspace Comments